Senin, 07 Maret 2022
New knowledge #070322 Ipow part 4 sekarang jadi lebih penting buat kota kita untuk menyediakan area pejalan kaki
Misalnya kamu sedang pergi ke Italia duduk diluar disuatu sore, kamu mungkin melihat orang2 sedang melakukan passegiata Yaitu jalan2 keliling komplek dimana mereka mengobrol bersama teman2 dan tetangga2 mereka benar2 akhir hari yang menyenangkan dan Tenang mengingat kehidupan sehari2 kita yang Padat dan sibuk, penting Banget untuk punya moment tenang Seperti itu sebagai Bagian dari rutinitas harian kita, Tapi sayangnya kota kita gak bikin hal seperti ini menjadi mudah. Lebih dari setengah populasi global tinggal di kota dan daerah Perkotaan Dan mungkin akan meningkat menjadi 80% Atau 90% pada tahun 2050. Para perencana kota cenderung Menanggapi hal ini dengan Memprioritaskan arus lalulintas Antar kota dan gak terlalu memperhatikan Pejalan kaki, Ini adalah kebalikan dari apa yg sebenarnya kita Butuhkan. Kuncinya adalah Sekarang jadi lebih penting bagi kota kita untuk Menyediakan area pejalan kaki. Apa yg bisa dipakai pada sebuah kota untuk berjalan kaki? Pertama perlu ada fasilitas seperti toko dan sekolah Yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki Dari perumahan tempat tinggal lebih lagi kualita jalan2 disekitar kota harus tinggi, berarti nyaman aman dan menarik Jalanan harusnya seperti ruang tamu Di hias dengan indah, dan tentusaja perlu ruang terbuka hijau, selain itu kota yang ramah pejalan kaki harus Memperhitungkan populasi orang2 mulai menua, harusnya penyebrangan jalan dirancang agar para orang tua dapat berkeliling dengan mudah. Mungkin terdengar seperti prioritas yg bagus untuk dimiliki dari pada yg sebenarnya, tapimanfaat dari kota yg ramah pejalan kaki Sangat besar, akses Mudah ke toko2 dan perkantoran Akan mengakibatkan lebih banyak kegiatan Ekonomi, begitu juga Dengan berjalan kaki itu sendiri. Beberapa ekonom telah menunjukan ada korelasi Negatif antara Berapa banyak waktu yg dihabiskan dalam mobil dan produktifitas ekonomi. Dengan perencanaan kota bijaksana, yg memperhitungkan manfaat berjalan kaki, passegiata gak harus menjadi fenomena eksklusif Yg hanya terjadi di italia. Penulis mendorong para perencana kota untuk sebuah kota harus ramah pejalan kaki, Mudah di akses, Aman dan menyenangkan Untuk semua orang. Bahkan penulis bilang desain Perkotaan dirancang oleh orang yang salah, alih2 Perencanaan kota dan arsitek dia ingin psikolog dan ahli saraf yg ditugaskan, Merekalah yg benar2 tau bagaimana Membuat kota bisa ramah pejalan kaki.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar